Teori Uses And Gratification
BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Teori Penggunaan dan Pemenuhan Kebutuhan (Uses and Gratification Theory) menggunakan pendekatan dengan fokus “mengapa sekelompok orang memilih untuk menggunakan media tertentu dibandingkan kandungan isi yang ditawarkan”. Pendekatan ini secara kontras membandingkan efek dari media dan bukan ‘apa yang media lakukan pada pemirsanya’ (yang menitik beratkan kepada kehomogenan pemirsa dalam komunikasi masa dan melihat media sebagai jarum hipodermik). Teori Penggunaan dan Pemenuhan Kebutuhan pada awalnya muncul ditahun 1940 dan mengalami kemunculan kembali dan penguatan di tahun 1970an dan 1980an. Para teoritis pendukung Teori Penggunaan dan Pemenuhan Kebutuhan berargumentasi bahwa kebutuhan manusialah yang mempengaruhi bagaimana mereka menggunakan dan merespon saluran media. Sebagaimana dikutip McQuail telah menunjukkan pengaruh mood seseorang saat memilih media yan...
Comments
Post a Comment